Terima kasih telah mengunjungi blok ini. Semoga bermanfaat.

Selasa, 06 April 2010

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP BUDI MURNI
PINTU ANGIN KELAS VIII PADA
TEOREMA PYTHAGORAS
T.A 2008/2009

SUGIANTO LIMBONG (04311242)
ABSTRAK


Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam matematika khususnya pada pokok bahasan Teorema Pythagoras dengan model pmbelajaran Problem Based Learning (PBL).
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Budi Murni Pintu Angin. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Budi Murni Pintu Angin yang berjumlah 45 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dalam matematika khususnya pada pokok bahasan Teorema Pythagoras. Cara pengambilan data melalui observasi dan tes. Tes yang diberikan merupakan tes yang berbentuk uraian yang dilakukan sebanyak dua kali. Masing-masing tes terdiri dari lima butir soal. Tes hasil belajar I diberikan setelah pertemuan ke tiga pada siklus I. Tes hasil belajar II diberikan setelah pertemuan kedua pada siklus II.
Hasil analisis setelah diberikan tindakan pada siklus I yaitu, pada tes hasil belajar I terdapat 37 orang siswa (82,2%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar (memperoleh nilai 65 ke atas), dengan nilai rata-rata 68. Adapun yang menjadi kesulitan yang dialami siswa adalah: 1). Siswa kesulitan untuk menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanya; 2). Ada beberapa siswa kurang mampu menentukan sisi miring, sisi siku-siku pada segitiga; 3). Beberapa siswa masih kesulitan menterjemahkan soal ke dalam bentuk segitiga untuk mempermudah pengerjaan soal. Hasil analisis setelah diberikan tindakan pada siklus II pada tes hasil belajar II, terdapat 39 siswa (86,7%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar (memperoleh nilai 65 ke atas), dengan nilai rata-rata 70.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan Teorema Pythagoras.

2 komentar:

  1. Semoga menjadi inspirasi untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas berkaitan dengan Matematika.....

    BalasHapus